Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menyusun Ringkasan Berdasarkan Gagasan Utama

Zacky.web.id | Sebuah ringkasan pada dasarnya merupakan rangkaian pokok-pokok  pikiran yang dirangkai menjadi satu dengan tetap memerhatikan urutan  isi bagian demi bagian, dan sudut pandang (pendapat) pengarang tetap  diperhatikan dan dipertahankan. Untuk menyusun sebuah ringkasan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membaca pemahaman isi teks,  kemudian menemukan pokok-pokok isi informasi di dalamnya.


Pokok-pokok isi sebuah teks dapat ditemukan dengan menemukan  kalimat utamanya. Kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya  memiliki pokok pikiran atau gagasan utama yang menjadi dasar  pengembangan sebuah paragraf. Gagasan utama  bersifat umum dan dapat  melingkupi semua isi yang ada dalam sebuah paragraf. Sedangkan yang menjadi penjelas atau kalimat yang berfungsi untuk menjelaskan lebih rinci pada kalimat utama dinamakan kalimat pendukung.

Langkah menemukan gagasan utama
1. Bacalah seluruh paragraf dengan cermat dari awal hingga akhir paragraf.
2. Cermati tiap-tiap kalimat. Hal yang paling penting atau inti mendasar dari sebuah paragraf dinamakan gagasan utama. 

Letak gagasan utama dalam sebuah paragraf.

Gagasan utama jika terletak di awal paragraf dinamakan paragraf deduktif.
Gagasan utama jika terletak di akhir paragraf dinamakan paragraf induktif.
Gagasan utama jika terletak di awal dan akhir paragraf dinamakan paragraf campuran.

Perhatikan contoh berikut:
Wayang adalah seni pertunjukan yang telah ditetapkan  sebagai warisan budaya asli Indonesia. UNESCO,  lembaga yang membawahi kebudayaan dari PBB, pada 7  November 2003 menetapkan wayang sebagai pertunjukan  bayangan boneka tersohor dari Indonesia, sebuah warisan  mahakarya dunia yang tidak ternilai dalam seni bertutur  (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity). Wayang dapat dibedakan berdasarkan bahannya yaitu  wayang kulit, yang biasanya terbuat dari kulit hewan  ternak, bisa berupa kerbau, sapi, atau kambing, wayang  wong berarti wayang yang ditampilkan atau diperankan  oleh orang, wayang golek, dan wayang suket dan wayang  motekar. 

Gagasan utama: Wayang adalah seni pertunjukan yang telah ditetapkan  sebagai warisan budaya asli Indonesia

Pada cuplikan paragraf di atas, gagasan utamanya terletak di awal paragraf sehingga dinamakan paragraf deduktif.