Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Ciri, Tujuan, dan Contoh Teks Deskripsi

Belajar Bahasa - Teks deskripsi adalah paragraf yang berisi penggambaran suatu objek, tempat, atau peristiwa tertentu kepada pembaca secara jelas dan terperinci. Sehingga pembaca seolah-olah melihat dan merasakan sendiri apa yang dideskripsikan oleh penulis.
Teks Deskripsi zacky.web.id
Teks Deskripsi?

Tujuan teks deskripsi menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis. Teks deskripsi bertujuan menggambarkan/ melukiskan secara rinci dan penggambaran sekonkret mungkin suatu objek/suasana/perasaan sehingga pembaca seakan- akan melihat, mendengar, mengalami apa yang dideskripsikan.

Ciri objek yang dideskripsikan

Objek yang dibicarakan pada teks deskripsi bersifat khusus (objek tertentu yang kemungkinan berbeda dengan objek lain). Objek yang dideskripsikan bersifat pendapat personal. Ciri ini tergambar pada judul berisi objek pada konteks tertentu (Si Bagas Kucingku, Ibuku Kebanggaanku). Hal yang dibicarakan khusus kucing bernama Bagas yang kemungkinan memiliki sifat berbeda dengan kucing-kucing yang lain. Demikian juga Ibu yang dideskripsikan memiliki tanggapan khusus sesuai dengan pendapat penulistentang ibu yang bisa jadi berbeda dengan ibu pada umumnya).

Ciri isi
  1. Isi teks deskripsi diperinci menjadi perincian bagian-bagian objek.
  2. Isi teks deskripsi menggambarkan secara konkret (menggambarkan wisata yang indah akan dikonkret kan indahnya seperti apa, menggambar kan ibu yang baik akan dikonkretkan baiknya seperti apa). Dengan demikian, teks deskripsi banyak menggunakan kata khusus (warna dikhususkan pada kata hijau, biru toska, oranye).
  3. Isi teks deskripsi bersifat personal dengan kandungan emosi sehingga menggunakan kata-kata dengan emosi kuat (ombak menggempur, kemolekan pantai, ibuku yang tangguh).

Contoh Teks Deskripsi
Parangtritis nan Indah
Salah satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Tepatnya Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan Yokyakarta.
Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.
Kemolekan pantai serasa sempurna di sore hari. Di sore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa. Lukisan alam yang sungguh memesona. Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang memukau. Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh. Seakan tersihir kita menyaksikan secara perlahan matahari seolah-olah masuk ke dalam hamparan air laut.


Contoh Soal:
  1. Objek apakah yang dideskripsikan di atas?
  2. Apa tujuan ditulisnya teks deskripsi di atas?
  3. Hal apa saja yang dirincikan dalam teks di atas?
  4. Bagaimana perasaan penulis terhadap objek yang dideskripsikan?

Jawaban:
  1. Pantai Parangtritis.
  2. Untuk menggambarkan keindahan Pantai Parangtritis.
  3. Hal yang dirincikan pada teks di atas ialah: keindahan pemandangan pantai parangtritis, lokasi parangtritis, suasana sore yang indah, keindahan langit dan kemilauan air laut dan rasa hangat hembusan angin laut,
  4. Bangga dengan keindahan Pantai Parangtritis.

Semoga bermanfaat dan selamat belajar Bahasa Indonesia.
Salam Literasi.

Sumber: Harsiati, T., Trianto, A., dan Kosasih, E. 2017. Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal 1-14