Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerita Fantasi: Tongkat Ajaib

Tongkat Ajaib

Pada zaman dahulu, di sebuah daerah yang bernama Kota OZ tinggallah keluarga yang sangat miskin. Keluarga itu terdiri dari seorang ibu tua dan dua anak perempuan. Keluarga itu sangat miskin, hingga untuk makan sehari-hari saja mereka terkadang harus mengandalkan belaskasihan dari tetangganya. Ibu tua itu bekerja di sebuah istana yang dipimpin oleh raja dan ratu yang sangat jahat nan kejam. Tidak ada yang berani bekerja di istana itu. Tetapi ibu tua itu memberanikan diri karena hanya itu pekerjaan yang bisa ia lakukan, yaitu sebagai pelayan istana.

Tongkat Ajaib (Ilustrasi)
Tongkat Ajaib (Ilustrasi)

Suatu hari, raja dan ratu itu murka kepada seluruh rakyatnya, karena seiring berjalannya waktu, warganya mulai tidak mau bekerja untuknya. Jadi, raja itu mengubah semua warga di Kota OZ menjadi batu, kecuali para penjaga dan pelayan istana. Kabar itu mulai tersebar hingga ke berbagai penjuru istana dan hingga akhirnya para pemimpin di kota tetangga memutuskan ikatan persahabatan karena mereka takut jika rakyatnya akan bernasib sama seperti Kota OZ.

Ibu tua itu sangat sedih, ketika mengetahui jika anaknya juga diubah menjadi batu. Ibu tua itu  sangat sedih, hingga pada suatu malam ia bermimpi didatangi seorang wanita misterius.  Wanita misterius itu mengatakan bahwa hanya ada satu cara untuk menghilangkan mantra sihir raja itu, yaitu dengan menguncinya di dalam sebuah kotak yang bersimbol kerajaan, kota tersebut berada di kota bawah tanah. Wanita misterius itu juga mengatakan bahwa ia juga harus mengambil tongkat ajaib yang berada di sebelah kotak itu.

Pada suatu malam, ia pun terbangun. Ia bergegas pergi ke kota bawah tanah tetapi ia bingung bagaimana caranya untuk keluar dari istana tanpa diketahui oleh pengawal kerajaan. Lalu, tiba-tiba ada sebuah cahaya berwarna biru dan ada terdengar suara yang menyuruhnya masuk. Tanpa pikir panjang, ia pun masuk ke dalam cahaya biru itu dan tiba-tiba ia sudah berada di kota bawah tanah dan ada sebuah kotak dan tongkat ajaib di depannya. Lantas, ia pun mengambil tongkat ajaib dan kotak itu.

Ketika ia mengambil tongkat ajaib dan kotak itu, tiba-tiba ia berada tepat di depan raja dan ratu dengan penampilan seperti peri. Ia pun mengayunkan tongkat itu kepada raja dan ratu. Muncullah sebuah sihir dari tongkat itu dan mereka pun langsung masuk ke dalam kotak itu. 

Ibu tua yang telah berubah menjadi peri itu, lantas mengubah semua warga OZ kembali menjadi manusia. Akhirnya, Ia dan kedua putrinya menjadi penguasa istana itu dan mulai mengubah tatanan kerajaan, sehingga Kota OZ mulai bersahabat kembali dengan kota=kota tetangga dan berakhir hidup bahagia selamanya.

Pengarang: Ina Rotul Khusna (7D/ SMP N 1 Sedan/ 2020)

Pemilik hak cipta dari ide cerita semua milik siswa. Pemilik blog (Pak Guru) hanya menulis kembali dan membenahi beberapa penulisan dan gaya bahasa agar terlihat lebih menarik untuk dibaca.