Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Unsur, dan Fungsi Iklan, Slogan, dan Poster

Ketika menonton televisi, menyimak radio, membaca berita di koran, maupun di internet tentunya pasti pernah melihat iklan. Lantas, apa sih pengertian iklan itu?

Iklan adalah teks yang mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan juga dapat diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak mengenai suatu barang dan jasa. Pada umumnya iklan disampaikan melalui media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, dan internet. 

iklan materi
Pengertian iklan

Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar tuntunan (pegangan hidup); prinsip utama dari suatu usaha, organisasi, dan sebagainya. Slogan sering pula disebut moto atau semboyan. Slogan lebih mengutamakan kepadatan makna dan kehematan kata-kata. 

Poster adalah plakat (kata-kata dan gambar) yang dipajang di tempat-tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan, yakni pemberitahuan suatu ide, hal baru, atau hal penting kepada khalayak. Poster mengandalkan perpaduan gambar dan kata-kata. Poster lazimnya dipasang di tempat-tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan ataupun slogan dalam hal bahasanya. Poster menggunakan kata-kata singkat, jelas, menarik, dan lengkap. 

Setelah memahami paparan di atas, kita akan lanjut membahas permasalahan berikut!

  1. Apa yang dimaksud dengan iklan? 
  2. Apa fungsi iklan? 
  3. Di mana saja iklan itu bisa kamu temukan? 
  4. Bagaimana fungsi iklan bagi pemerintah dan perusahaan? 
  5. Apa persamaan iklan, slogan, dengan poster?

Apa yang dimaksud dengan iklan?

Iklan adalah adalah salah satu media promosi yang sangat efektif untuk mempromosikan barang atau jasa kepada masyarakat. Yang dibuat semenarik mungkin dengan tujuan supaya masyarakat tertarik untuk mengenali, membeli, atau menikmati barang atau jasa tersebut. 

Apa fungsi iklan?

  • Sebagai sarana informasi, maksudnya berfungsi untuk menyampaikan info produk baru, ciri-ciri, dan lain sebagainya.
  • Sebagai sarana  persuasi, maksudnya berfungsi untuk mengajak atau mengarahkan konsumen untuk membeli atau memakai sebuah jasa.
  • Sebagai pengingat, maksudnya supaya iklan mengingatkan konsumen tentang produk tertentu agar selalu menggunakan produk tersebut.

Di mana saja iklan itu bisa ditemukan?

Iklan dapat ditemukan di mana saja, misalnya di televisi, majalah, koran, radio, internet, bahkan di tiang-tiang listrik pinggir jalan.

Bagaimana fungsi iklan bagi pemerintah dan perusahaan? 

  • Bagi perusahaan bisnis komersial, untuk menjual barang dan jasa. 
  • Bagi dunia perkantoran, untuk mendapatkan karyawan. 
  • Bagi Pemerintah, untuk menyebarkan informasi dan memberikan  layanan kepada masyarakat. 
  • Bagi orang perorangan, untuk membeli dan menjual barang-barang  pribadi.

Apa persamaan iklan, slogan, dan poster? 

Iklan, slogan, dan poster secara umum memiliki persamaan bersifat mengajak atau memengaruhi seseorang untuk membeli atau memakai jasa. Latas, apa yang membedakan antara iklan, sloga, dan poster?

  • Iklan merupakan teks persuatif yang memadukan unsur gambar dengan kata-kata, unsur gerak, dan suara. 
  • Slogan merupakan teks persuatif yang mengutamakan unsur kata-kata. 
  • Poster merupakan teks persuatif yang mengutamakan kekuatan gambar dan kata-kata; dipajang di tempat-tempat umum. 

Untuk lebih jelasnya, perhatikan unsur iklan, slogan, dan poster di bawah ini!

Unsur iklan, slogan, dan poster
Unsur Iklan, Slogan, dan Poster

Itulah sedikit ulasan tentang materi teks iklan, slogan, dan poster! Semoga bermanfaat dan selamat belajar bahasa Indonesia dan jangan lupa untuk selalu belajar bersama Pak Zacky.