Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Kata Baku dan Tidak Baku

Kata baku merupakan kata yang digunakan dan telah sesuai dengan kaidah atau pedoman bahasa Indonesia yang sudah ditentukan. Pengertian kata baku ini merupakan suata kata yang aturan dan ejaan kaidah bahasa Indonesianya sudah benar serta bersumber dari bahasa baku yakni Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).  KBBI merupakan kamus yang berisi kumpulan kata-kata baku. KBBI dapat diunduh di Playstore.

www.zacky.web.id

Biasanya, kata baku digunakan untuk penulisan ataupun pengungkapan kata-kata yang bersifat resmi baik dalam suatu tulisan atau dalam pengungkapan kata. Umumnya, kata baku digunakan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang telah ditentukan sebelumnya.

Sedangkan suatu kata dianggap tidak baku apabila kata yang digunakan tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Tidak bakunya sebuah kata tidak hanya diakibatkan oleh salah penulisan saja, melainkan juga diakibatkan oleh pengucapan yang salah dan juga karena penyusunan suatu kalimat yang tidak tepat. 

Kata baku biasanya digunakan dalam ragam formal/resmi. Dalam sebuah teks bacaan, kata baku biasanya terdapat dalam teks laporan hasil observasi, sedangkan kata tidak baku biasanya digunakan ketika percakapan sehari-hari dengan sesama teman. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh kata baku dan tidak baku di bawah ini:

Kata Baku Kata Tidak baku
Apotek Apotik
Atlet Atlit
Nasehat Nasihat
Film Filem
Diskotek Diskotik
Mengubah Merubah
Izin Ijin
Komplet Komplit
Provinsi Propinsi
November Nopember

Nah, sekarang untuk latihan! Tentukan manakah kata baku dan mana kata yang tidak baku. Silakan KLIK tombol di bawah ini!

 TUGAS

Pak Guru
Pak Guru Mencintai Sastra Sama Halnya Mencintai Kehidupan

Posting Komentar untuk "Pengertian Kata Baku dan Tidak Baku"

Langganan