Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal dan Kunci Jawaban Teks Editorial

Berikut adalah kumpulan soal pilihan ganda beserta kunci jawaban teks editorial. Soal di bawah ini sudah memenuhi standar hots. Silakan digunakan untuk belajar dan sebagainya. 

Bacalah teks editorial berikut!
Meski lulus dengan persentase tinggi, dari kawasan Indonesia timur masih timbul kerisauan tentang bagaimana bersaing dengan lulusan asal Jawa. Ini kerisauan yang harus kita pikirkan upaya mengatasinya. Sejumlah putra Indonesia timur, seperti dari Papua atau NTT, berhasil menunjukkan intelegensia tinggi, seperti unggul dalam olimpiade fisika. Tugas kita berikutnya, bagaimana kita menjadikan itu sebagai pola, bukan kasus.
 
1. Kesimpulan yang tepat untuk teks editorial tersebut adalah...
A. Upaya menyamakan persaingan lulusan Indonesia timur dengan Jawa.
B. Lulusan Indonesia timur sangat berprestasi.
C. Banyak ajang yang berhasil dijuarai putra putri Jawa.
D. Upaya pemerintah menjadikan lulusan asal Jawa lebih maju daripada Indonesia timur.
E. Menjadikan pola, bukan kasus.

Bacalah teks editorial berikut!
Sudah semestinya pemimpin Amerika tersebut mengambil langkah tegas seperti itu. Kalau tidak, bukan saja kepentingan rakyat Amerika yang akan dirugikan tetapi lebih besar lagi kepentingan ekonomi Amerika dalam kaitannya dengan kepercayaan asing yang akan dirugikan. Dengan langkah baru seperti yang diumumkan oleh Presiden Bush, kelak tindak  korupsi akan disiarkan kepada publik dan dihukum. Akuntansi perusahaan juga akan ditarik keluar sistem yang kurang terbuka (out of the shadows). Dengan langkah itu pula, kepentingan investor kecil dan pemegang pensiun akan dilindungi. 
 
2. Pandangan redaksi pada teks editorial di atas terdapat dalam kalimat ...
A. Kepentingan ekonomi AS dirugikan cukup besar gara-gara skandal akuntansi yang dilakukan presiden.
B.Perusahaan akuntansi akan ditarik dari sistem yang kurang terbuka (out of the shadows).
C. Sudah semestinyalah pemimpin AS mengambil tindakan tegas terhadap perusahaan yang korupsi.
D. Dengan keterbukaan, kepentingan investor kecil dan pemegang pensiun akan dilindungi.
E. Kelak tindak korupsi akan disiarkan kepada publik dan dihukum.
 
Cermati teks editorial berikut!
(1) Masyarakat, terutama mereka yang berpendidikan, mulai khawatir terhadap pengaruh obat kimia terhadap tubuh dari efek samping yang ditimbulkan oleh obat tersebut. (2) Kandungan bahan kimia dalam obat pada umumnya dapat menimbulkan efek samping pada orang yang mengonsumsinya. (3) Efek samping tersebut mulai dari efek samping ringan hingga lebih berat apabila zat tertimbun dalam tubuh dalam jumlah besar dan waktu lama.(4) Dengan mengonsumsi bahan herbal dari alam, Anda akan mendapatkan manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. (5) Sebagai salah satu jenis tanaman herbal, daun sirsak bisa Anda jadikan sebagai pengobatan herbal dengan mengkonsumsinya secara rutin, (6) Tanaman herbal yang diolah dengan benar dan dikonsumsi dengan anjuran medis, tidak akan menimbulkan dampak negatif terhadap tubuh.
 
3. Kalimat alternatif solusi yang paling tepat adalah ...
A. Mengonsumsi obat herbal jauh lebih sehat daripada mengonsumsi obat kimia.
B. Berdasarkan penelitian, di dalam buah sirsak terdapat suatu zat yang bisa melawan sel kanker.
C. Daun sirsak dapat memberikan manfaat kesehatan dan kecantikan bagi orang yang inginsehat dan cantik.
D. Mengonsumsi obat kima dalam jumlah banyak lebih menyehatkan dari pada mengonsumsi obat herbal.
E. Mengonsumsi obat kimia dalam jumlah cukup tidak akan menimbulkan efek sampingbagi pengonsmsi.

Bacalah teks berikut ini dengan saksama!
Perombakan kabinet seharusnya bermuara pada strategi presiden dalam membentuk kabinetnya. Kabinet yang dibentuk idealnya dapat merefleksikan strategi politik dan kebijakan presiden. Perombakan sah-sah saja asal karena kebutuhan bukan hanya karena desakan publik atau politik terutama dalam mengakomodasi kepentingan partai tertentu. Presiden sebelumnya saja perlu merombak kabinetnya hingga lima kali.
 
4. Isu yang diungkapkan dalam penggalan teks editorial tersebut adalah ...
A. penambahan kabinet
B. strategi kabinet
C. perombakan kabinet
D. kabinet untuk kepentingan partai
E. kebijakan kabinet presiden
.
Bacalah teks editorial berikut dengan cermat!
Persepsi bahwa tingkat keselamatan penerbangan nasional telah memasuki kategori menakutkan mendapatkan pembenaran. Kali ini, legitimasi itu datang langsung dari pemerintah. Pekan ini, Departemen Perhubungan merilis daftar peringkat terbaru perusahaan penerbangan dan standar keselamatan mereka. Dari 21 perusahaan yang dinilai, hanya satu yang masuk kategori I atau berkinerja baik. Sisanya hanya masuk kategori II atau sedang, dan bahkan III, alias buruk. Hasil pemeringkatan itu, ironisnya, tidak mengejutkan. Hal itu tidak mengejutkan karena semua paham bahwa standar keselamatan penerbangan di negeri ini memang rendah. Tidak mengejutkan karena kecelakaan pesawat yang menelan korban jiwa bukan satu-dua kali terjadi. Ia amat sering terjadi.
 
5. Masalah yang dibahas dalam penggalan teks editorial tersebut adalah ...
A. standar pelayanan prima dalam penerbangan
B. kondisi penerbangan nasional yang memprihatinkan
C. peringkat terbaru standar penerbangan nasional
D. keanehan proses pelayanan penerbangan nasional
E. tingginya biaya maskapai penerbangan di Indonesia

Bacalah kutipan teks editoral berikut dengan saksama.
(1) Tak dapat dimungkiri bahwa dalam berbahasa (Indonesia), ukuran baik dan benar masih sering menjadi permasalahan.(2) Sekalipun mudah didefinisikan, ukuran baik dan benar itu acap kali bias dalam implementasinya. (3)Mungkin karena secara terminologis kata baik dan benar itu sudah menyaran pada hal yang sempurna, tanpa cacat sehingga orang pun tidak segansegan memaknai slogan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar itu sama dengan bahasa Indonesia baku. (4)Sebagai akibatnya, tidak jarang orang (Indonesia) merasa tidak memiliki kemampuan untuk berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.(5) Bahkan, banyak pula orang yang kemudian berantipati pada slogan itu karena merasa telah dibelenggunya.
 
6. Kalimat fakta dalam teks editorial di atas terdapat dalam kalimat ke...
A. (1) dan (3)
B. (2) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (5)
E. (4) dan (5)

Bacalah kutipan teks editoral berikut!
Upaya melarang tembakau tak semudah mengilegalkan narkoba. Meski sama- sama membuat kecanduan. Maka, mengurangi peredaran rokok dengan harga yang melejit mahal memang patut dicoba. Indonesia masih jadi surga rokok murah. Menurut numbeo.com, harga kita termurah ke-12 dari 124 negara, yakni rata – rata USD 1,41 atau 18.600 dan yang termurah Nigeria dengan USD 0,58 atau Rp 7.700
 
7. Bagian struktur teks editorial yang tersaji dalam kutipan teks tersebut adalah …
A. tesis
B. argumentasi
C. orientasi
D. penegasan ulang
E. rekomendasi

Cermati kutipan teks editoral berikut!
Melalui layar televisi, kekerasan itu dapat disaksikan masyarakat mancanegara. Di tengah era globalisasi dan transparansi sekarang ini, praktis tidak ada kejadian yang bebas dari tembus pandang. Langsung atau tidak, dampak kekerasan itu ditanggung oleh seluruh masyarakat Indonesia karena dapat
membuat kaum investor asing menjadi ragu menanamkan modal di Indonesia. Para investor  membutuhkan ketenangan dan stabilitas keamanan agar usahanya berjalan lancar. Dunia usaha memang sangat sensitif atas gangguan keamanan. Lebih menyakitkan lagi kalau kekerasan itu digunakan negara-negara tetangga dalam kompetisi industri pariwisata dengan mendiskreditkan Indonesia sebagai negara yang tidak aman dikunjungi pelancong.
 
8. Opini penulis dalam kutipan teks editorial tersebut adalah …
A. Tidak ada kekerasan yang tidak dapat menimbulkan dampak negatif terhadap investor asing.
B. Kekerasan dapat membuat kaum investor asing menjadi ragu menanamkan modal di Indonesia.
C. Kita bangsa Indonesia mau tidak mau harus menerima dampak kekerasan yang ditayangkan televisi.
D. Negara-negara tetangga dapat merebut perhatian negara lain untuk menanamkan modalnya.
E. Kekerasan dapat ditonton langsung oleh seluruh masyarakat Indonesia dan mancanegara.

Bacalah kutipan teks editorial berikut!
Badan Pusat Statistik memasukkan pangan sebagai penentu garis kemiskinan. Oleh karena itu, pemerintah berkepentingan menjaga harga pangan selalu stabil. Program presiden dalam masa jabatan keduanya adalah memastikan ada cadangan beras sepuluh juta ton yang harus diusahakan dalam produksi dalam negeri. Keuntungan memproduksi sendiri pangan di dalam negeri adalah menghindarkan ketergantungan dari impor sehingga Indonesia memiliki ketahanan dan kedaulatan pangan. Memproduksi pangan di dalam negeri memberikan lapangan kerja di desa dan kota melalui kegiatan di ladang hingga industri pengolahan.
 
9. Pihak yang dituju redaksi dalam teks editorial di atas adalah...
A. perusahaan
B. pengimpor
C. pedagang
D. masyarakat
E. pemerintah

Cermati kutipan teks editorial berikut!
Harga BBM resmi dinaikkan sebesar dua ribu rupiah pada Senin, 17 November 2014. Kenaikan BBM ini memicu reaksi dari banyak pihak. Kenaikan BBM ini otomatis memengaruhi seluruh harga yang ada di masyarakat, mulai dari harga sembako hingga tarif angkutan umum. Bukan hanya para ibu rumah tangga yang merasakan dampak kenaikan BBM tersebut, pedagang hingga para pelajar pun merasakan efek dari kenaikannya. Ibu rumah tangga kini harus pandai-pandai mengatur keuangan keluarga agar tetap cukup hingga akhir bulan dengan kondisi harga yang semakin mencekik. Para pelajar pun, baik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun yang menggunakan angkutan umum untuk ke sekolah, harus mulai mengirit uang jajan mereka. Kenaikan BBM memang telah tersebar luas. Hal tersebut membuat masyarakat menjadi resah dan mengambil tindakan dengan cara menaikkan harga sembako. Saat BBM naik, aksi protes dari mahasiswa pun tak dapat ditahan lagi.
 
10. Keberpihakan penulis dalam kutipan teks editorial tersebut kepada . . .
A. ibu rumah tangga
B. pelajar
C. pemerintah
D. masyarakat
E. pedagang

Jawaban
1. A

2. D

3. A

4. C

5. B

6. A

7. B

8. B

9. E

10. D
Pak Guru
Pak Guru Mencintai Sastra Sama Halnya Mencintai Kehidupan

Posting Komentar untuk "Soal dan Kunci Jawaban Teks Editorial"

Langganan