Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Ciri, Struktur, dan Contoh Teks Tanggapan

Pengertian Teks Tanggapan

Teks tanggapan merupakan jenis teks yang digunakan untuk meringkas, menganalisis, dan menanggapi suatu teks, yaitu dapat berupa teks sastra, artikel, berita, atau pun karya seni pertunjukkan. Di dalam teks tanggapan terdapat pula penilaian berupa kritik dan pujian. Tujuan dari teks tanggapan adalah untuk memberikan penilaian tentang kelebihan dan kekurangan dari sebuah teks yang juga disertai dengan saran. Penilaian yang dilakukan haruslah objektif, sopan, logis, dan jelas.  

Baca juga: Konjungsi

Ilustrasi Tanggapan

Ciri Teks Tanggapan

Berikut adalah ciri-ciri yang harus dipahami dalam teks tanggapan

  • Teks harus objektif (berdasarkan data dan fakta)
  • Sopan, logis, dan jelas.
  • Terdapat nilai kelebihan dan kekurangan (positif dan negatif).
  • Terdapat saran

Struktur Teks Tanggapan

Seperti halnya teks-teks bahasa Indonesia pada umumnya, struktur teks tanggapan dibagi dalam tiga bagian, yakni evaluasi, deskripsi bagian, dan penegasan ulang.

  • Evaluasi

Struktur yang pertama dari teks tanggapan adalah evaluasi. Struktur ini berisi pernyataan umum mengenai apa yang akan disampaikan penulis dalam teks. Struktur ini terdapat pada paragraf pertama teks. 

Baca juga: Teks Eksplanasi

  • Deskripsi teks

Pada struktur ini akan disampaikan informasi tentang data-data dan pendapat-pendapat yang mendukung pernyataan atau bahkan melemahkan tanggapan yang disampaikan. Pendapat-pendapat tersebut mulai muncul pada paragraf kedua dan ketiga.

  • Penegasan ulang

Struktur yang terakhir ini berisi tentang penegasan ulang terhadap apa yang telah dilakukan atau yang telah diputuskan. Penegasan ulang muncul pada paragraf terakhir.

Langkah/Tahapan Membuat Teks Tanggapan

Ketika ingin menulis sebuah teks tanggapan, maka perlu memahami tahapan dalam pembuatannya. Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat teks tanggapan:

  • Membaca naskah asli
  • Mencatat gagasan-gagasan penting
  •  Menganalisis kelebihan dan kekurangan teks
  • Menilai teks secara keseluruhan
  • mengidentifikasi kesalahan ejaan

Contoh Teks Tanggapan 

Evaluasi

Smartphone atau gadget menjadi salah satu barang eletronik yang tidak akan terpisahkan oleh orang-orang modern di jaman sekarang. Hal itu dikarenakan HP dapat memenuhi kebutuhan masyarakat baik dalam bentuk hobi maupun hasrat yang dimilikinya.

Deskripsi Teks

Namun dibalik kecanggihannya itu ada sejumlah dampak negatif jika para remaja sering menggunakannya. Contohnya saja untuk membuka situs-situs terlarang yang ada di dunia maya. Sebab hal ini akan mempengaruhi kehidupan dan juga konsentrasi dalam belajar.

Selain itu gadget juga bisa memberikan efek yang tidak menyehatkan bagi tubuh, karena radiasi yang dikeluarkan oleh benda ini secara tidak langsung bisa merusak saraf pada otak dan mata. Terlebih jika para remaja tidak memperhatikan aturan jarak dari mata dan smartphone yang dipegangnya, itu akan semakin mempercepat kerusakan pada organ mata.

Di samping itu kecanduan untuk menggunakan smartphone juga kerap kali menyerang penggunanya. Sehingga akan menimbulkan kecenderungan yang malas untuk beraktifitas karena dirasa sudah menemukan kesenangan berselancar di dunia internet.

Argument tersebut memang menunjukkan adanya kebenaran dan sudah bisa dibuktikan oleh beberapa orang. Akan tetapi jika dilihat dari sisi yang lain ada sebuah fakta menunjukkan bahwa pengguna smartphone akan selalu terdampak buruk pada kehidupannya. Dengan catatan fungsi gadget tidak di salah gunakan dan dimanfaatkan sesuai pada tempatnya.

Alasannya dengan adanya bantuan Handphone para remaja bisa lebih mudah untuk akses tugas dan bagi orang-orang perantauan akan lebih mudah saat memberikan kabar dengan keluarganya di rumah. Selain itu dengan mengerti teknologi, para remaja bisa mengetahui perkembangan IPTEK dan itu sangat bermanfaat besar bagi kehidupannya di masa depan.

Penegasan Ulang

Secara umum penulis setuju dengan serangkaian alasan-alasan terkait pengaruh teknologi di lingkungan remaja. Akan tetapi jika dilihat dari keamanan serta bidang akademis gadget lebih spesifik ke dampak negatifnya. Untuk itu orangtua yang masih menjadi peran terpenting dalam perjalanan hidup anak-anaknya harus lebih mawas diri.

Caranya yakni tidak membebaskan secara full bagi anak-anaknya untuk memainkan gadget selama 24 jam. Jika hal itu terjadi maka bukan hal positif yang di dapatkan anak, melainkan hal-hal buruk. Tidak hanya dalam jangka waktu sekarang saja melainkan juga di masa mendatang.

Pak Guru
Pak Guru Mencintai Sastra Sama Halnya Mencintai Kehidupan

Posting Komentar untuk "Pengertian, Ciri, Struktur, dan Contoh Teks Tanggapan"