Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Soal Materi Teks Novel dan Kunci Jawaban

Berikut adalah kumpulan soal materi novel kelas XII bentuk pilihan ganda dan kunci jawabannya. Silakan digunakan untuk belajar dan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Soal di bawah ini Pak Zacky rangkum dari berbagai sumber. 

Sumber: ruangguru

Bacalah kutipan novel berikut!

Bagi orang-orang di desaku, yang kebanyakan mereka adalah perantau,  saat lebaran seperti inilah waktunya untuk berkumpul. Waktu yang tepat  untuk bersilaturahim, saling melepas rindu, dan saling memaafkan. Dan  tentu saja, waktu menikmati hidangan spesial di rumah.  (Surat Kecil Untuk Ayah, Boy Candra)

1. Keterkaitan peristiwa dalam kutipan novel tersebut dengan kehidupan saat ini adalah….

A. berkumpul dengan tetangga

B. bersilaturahmi setiap hari

C. mudik saat lebaran tiba

D. saling berbagi makanan

E. memaafkan orang lain

Bacalah kedua kutipan novel berikut!

Kutipan 1

Seorang pemuda bernama Kacak, yang merasa karena mamaknya adalah  kepala desa, mempunyai sifat sombong dan selalu berbuat sekehendak  hatinya sehingga kurang disukai oleh orang-orang sekampungnya. Namun,  lain halnya dengan Midun, walupun hanya anak seorang petani miskin, tetapi  ia mempunyai pendidikan moral dan agama yang baik, sehingga sangat  disukai oleh orang-orang di kampungnya.

Kutipan 2

Tuti dan Maria, anak wedana pensiunan, R. Wiriaatmadja, ketika berada di  Gedung Akuarium Jakarta bertemu dengan Yusuf, mahasiswa fakultas kedokteran. Maria siswa HBS, seorang yang lincah dan periang. Sebaliknya Tuti, kakaknya, gadis pemikir yang hanya mempercakapkan hal-hal yang dianggapnya perlu, aktivis organisasi wanita yang gagah memperjuangkan kemajuan kaumnya.

2. Persamaan isi kedua kutipan novel di atas adalah….

A. sama-sama menggunakan alur maju

B. mengangkat tema pendidikan

C. menggunakan susut pandang orang pertama

D. menggambarkan watak tokoh

E. menggambarkan latar social

Bacalah kutipan novel berikut!

Cerita yang diangkat Negeri 5 Menara (N5M) sebenarnya sederhana dan  jamak ditemui. Kisah seorang anak (Alif) yang harus merantau dari tanah  Minangkabau ke Jawa (Ponorogo) untuk meneruskan sekolah di Pondok  Madani. Di sana ia berkawan karib dengan Raja dari Medan, Said dari Surabaya,  Dulmajid dari Sumenep, Atang dari Bandung, dan Baso dari Gowa. Keenamnya  kemudian dijuluki sahibul menara karena kebiasaan mereka yang sering  berkumpul di bawah menara masjid sambil menunggu azan maghrib. Saat  berkumpul itulah setiap anak berbagi mimpi dan harapan.

3. Makna kata yang bercetak miring pada kutipan novel di atas adalah….

A. orang yang memiliki

B. orang yang menguasai

C. orang yang jujur

D. orang yang terpelajar

E. orang yang memimpin

Bacalah kutipan novel berikut!

“Siapa laki-laki itu Lintang?”Tanya Sahara tercekat. “Bodenga...” “Oooh ...,” kami  serentak menutup mulut dengan tangan. Menakutkan sekali.Tak ada yang  berani berkomentar. Tegang menunggu kelanjutan cerita Lintang. “Aku lebih  takut padanya daripada buaya mana pun. Pria ini tak mau dikenal orang, tapi  sepanjang pesisir Belitung Timur, siapa tak kenal dia?”“Dia melewatiku seperti  aku tak ada dan dia melangkah tanpa ragu mendekati binatang buas itu. Dia  menyentuhnya! Menepuk-nepuk lembut kulitnya sambil menggumamkan  sesuatu. Ganjil sekali, buaya itu seperti takluk, mengibas-ngibaskan ekornya  laksana seekor anjing yang ingin mengambil hati tuannya. Lalu mendadak  sontak dengan sebuah lompatan dahsyat seperti terbang, reptil zaman Cretaceous itu terjun ke rawa menimbulkan suara laksana tujuh pohon kelapa  tumbang sekaligus.

4. Isi yang tersurat dalam kutipan novel tersebut adalah....

A. jangan hidup mengucilkan diri sehingga dijauhi masyarakat

B. jangan mendekati binatang buas bila kita tidak memiliki keahlian

C. janganlah takut kepada manusia, tetapi takutlah kepada binatang buas

D. janganlah berbuat usil kepada orang-orang yang tidak mau bermasyarakat

E. janganlah menilai seseorang dari penampilannya

Bacalah kutipan novel berikut!

Tiap-tiap pemuda yang datang bersekolah di Betawi datang bertamasya di  Danau Singkarak atau ke Sawah Lunto dan singgah di Solok, belum pernah  mereka melampaui sebuah rumah kecil yang amat bersih rupanya, rumah itu  dibeli oleh ibu Hanafi dan di sanalah ia tinggal bersama Rapiah karena perlu  menyekolahkan Syafei. Rapiah tidak suka lagi bercerai dengan mertuanya yang  sudah dipandangnya sebagai ibu kandungnya, sedangkan ibu Hanafi pun  berkata hendak menurutkan orang kedua itu ke mana perginya. Rapiah tetap menolak hendak dipersuamikan. Ia berkata tak sampai hati  akan memberi ayah tiri pada Syafei. (Salah Asuhan, Abdul Muis)

5. Keterkaitan isi kutipan novel di atas dengan kehidupan sehari-hari adalah....

A. bertamasya ke Danau Singkarak atau Sawah Lunto

B. hendaklah kita mengunjungi saudara kita yang ada di daerah

C. suatu keluarga menyiapkan hidangan yang baik untuk menjamu tamu

D. ibu mertua dan anak menantu perempuan selalu bersama dalam melakukan  sesuatu

E. tidak menikah lagi sesudah suaminya meninggal demi masa depan anak yang dicintai.

Bacalah kutipan novel berikut!

Orang tuanya bekerja sebagai nelayan miskin yang tidak hanya memiliki perahu. Mereka juga memiliki keluarga yang banyak yakni 14 kepala. Dari kejeniusan nya lintang sangat menyukai matematika. Tapi, Cita-citanya menjadi seorang ahli matematika harus terpangkas karena tuntutan untuk membantu orangtua menafkahi keluarga. Terlebih saat ayahnya meninggal ia harus bekerja keras untuk mencari nafkah pada keluarganya. (Andrea Hirata dalam Laskar Pelangi)

6. Berdasarkan kutipan novel di atas, nilai kehidupan apakah yang hendak  disampaikan oleh penulis...

A. Nilai moral

B. Nilai sosial

C. Nilai religius

D. Nilai patriotik

E. Nilai pendidikan

Bacalah kutipan novel berikut!

Ah, sebenarnya dia kagum pada laki-laki itu. Agaknya mesti beginilah makna dari setiap jiwa yang besar. Manusia besar, yang bakal tak pernah dicetak namanya dalam buku-buku pelajaran dan dikuliahkan oleh mahaguru-mahaguru.  Sebab dia tak pernah menulis artikel dalam majalah, apalagi dalam surat kabar. Manusia besar ini, filosof ini, akan berlaku dari dunia tanpa apa- apa, selain sejumput kesan-kesan tak beraturan pada sejumput orang lain tentang dia.Hanya itu

7. Isi yang tersurat dalam kutipan novel tersebut adalah...

A. Sebenarnya orang akan menilai kebesaran jiwa seorang melalui nama dan karya-karya yang dihasilkan.

B. Laki-laki yang berjiwa besar itu telah meninggal dan namanya dicetak dalam buku- buku pelajaran.

C. Sesungguhnya kebesaran jiwa seseoranglah yang menumbuhkan kekaguman  pada orang lain meski orang itu tidak meninggalkan sesuatu kepada kita.

D. Orang besar yang banyak dikagumi orang dalam cerita ini tidak banyak  meninggalkan warisan kepada anak cucunya.

E. Orang berjiwa besar telah menulis ide, gagasan, dan segala yang dipikirkan dalam buku-buku pelajaran

Bacalah kedua kutipan novel berikut!

Kutipan 1

Di sudut lain, Dandung dan Rio juga menebar senyum. Keduanya sahabat  gambir sedari masa SMP. Seperti Gambir, usia mereka juga 27 tahun. Rio, mantan atlet renang yang sarat akan prestasi. Jangkung, bahu lebar, dan  dada bidang. Ia pengantong enam mendaliemas SEA GAMES dan PON. Saat  prestasinya di puncak, ia malah secara resmi menyatakan pengunduran dirinya. (Pintu Terlarang, Sekar Ayu Asmara)

Kutipan 2

Meski Noni selalu tampak lebih dewasa dan teratur ketimbang Wati yang  serampangan, sesungguhnya Wati memiliki keteguhan yang tidak dimilik Noni.  Sejak kecil Wati tahu apa yang dimau, dan untuk hal yang ia suka, wati seolah olah bertransformasimenjadi sosok yang sama sekali berbeda. (Perahu kertas, Dewi Lestari) 

8. Persamaan isi kedua kutipan novel di atas adalah menggambarkan….

A. latar

B. suasana cerita

C. karakter tokoh

D. alur

E. amanat cerita

Cermati cuplikan novel berikut!

“Jadi, kita akan kuburkan dia, di Sirnagara?” tanyanya pelan-pelan  setengah ditujukan kepada dirinya sendiri. Soleha tidak bisa menjawab. Ia mau  mengatakannya tapi segera ingat pada yang lain. “Tapi kita sudah kawinkan  dia. Dan sekarang ia sudah menjadi istri Sumarto. Apa yang akan dikatakan  oleh Sumarto?” Pikirannya makin tidak enak kalau mengingatkan soal itu. Ia  memang sudah keberatan ketika suami Soleha dipanggil orang dari Kampung  Sawah untuk mengobati Pak Murad. Sebagai mantri kesehatan di sekitar itu  memang tidak ada dokter. Suami Soleha sering diminta pertolongan. Namun ia tahu betul Pak Murad ayah Murni. Murni sekarang menjanda, karena suaminya meninggal dunia. Suami Soleha salain mencintai dengan Murni ketika masih bujang dan gadis. Mereka tak dapat melaksanakan niat hatinya sebab Murni dipaksa kawin.

9. Penyebab terjadinya konflik dalam kutipan novel di atas adalah ....

A. karena suaminya mantri kesehatan

B. karena suaminya diminta pertolongan

C. karena cemburu kepada Murni

D. karena suami Soleha pernah mencintai Murni

E. karena suaminya mengobati Pak Murad ayah Murni

10. Sudut pandang pengarang yang digunakan penulis pada novel Laskar Pelangi adalah...

A. Sudut pandang pertama pelaku utama

B. Sudut oandang pertama pelaku kedua

C. Sudut pandang orang kedua

D. Sudut pandang orang ketiga tunggal

E. Sudut pandang orang ketiga jamak


Kunci Jawaban

Pak Guru
Pak Guru Mencintai Sastra Sama Halnya Mencintai Kehidupan

Posting Komentar untuk "Kumpulan Soal Materi Teks Novel dan Kunci Jawaban"