Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Oposisi, Afirmasi, Netral, Mosi, Moderator, dan Notulis

Debat adalah kegiatan untuk mempertahankan pendapat dengan disertai argumen yang mendukung pendapat. Di dalam debat terdapat mosi, tim afirmasi, tim oposisi, tim netral, penonton, moderator, dan penulis.

Ilustrasi (Oposisi)

Nah, lantas apa sih pengertian dari masing-masing hal tersebut?

Mosi adalah tema atau gagasan sebagai dasar bagi pihak-pihak yang terlibat debat untuk menentukan sikap apakah mendukung atau menolak pokok permasalahan yang akan disampaikan. Dengan kata lain, bahasan yang sedang diperdebatkan.

Tim afirmasi adalah tim yang berperan untuk mendukung mosi. Dalam kegiatan debat, tim afirmasi selalu pro dengan pokok permasalahan. 

Tim oposisi adalah tim yang berperan untuk menolak mosi. Tim oposisi disebut juga dengan istilah tim kontra.

Tim netral adalah tim yang berperan memberikan argumen yang bersifat tidak mendukung maupun menolak mosi. Tim ini tidak memihak siapa pun.

Penonton adalah orang yang berperan sebagai penggembira debat dan memberikan penilaian atas peserta debat. 

Moderator adalah seseorang yang berperan dalam memoderasi dan mengawasi debat yang menjadi tanggung jawabnya. Moderator biasanya menjadi penengah antara pihak-pihak yang berdebat.

Penulis adalah seseorang yang berperan sebagai perumus tata cara debat dan mencatat hasil-hasil dari debat. Penulis disebut juga dengan istilah notulis.

Pak Guru
Pak Guru Mencintai Sastra Sama Halnya Mencintai Kehidupan

Posting Komentar untuk "Perbedaan Oposisi, Afirmasi, Netral, Mosi, Moderator, dan Notulis"