Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gagasan Utama dan Kalimat Utama

Setiap paragraf, baik itu dalam teks laporan hasil observasi, teks deskripsi, atau apapun tentunya terdapat ide pokok/ gagasan utama di dalamnya. Gagasan utama atau ide pokok adalah inti bahasan dari sebuah paragraf. Sebuah paragraf yang baik terdapat ide pokok dan beberapa kalimat penjelas. Ide pokok berfungsi sebagai topik pembahasan, sedangkan kalimat penjelas berfungsi untuk menjelaskan topik tersebut. Sebuah paragraf harus memiliki ide pokok dan kalimat penjelas yang berkorelasi atau saling berhubungan antara kalimat yang satu dan kalimat yang lain.

kalimat utama
Kalimat utama

Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas

Kalimat utama merupakan kalimat yang berisi pokok pikiran utama atau ide pokok utama dan menjadi dasar untuk mengembangkan paragraf. Kalimat utama biasanya bersifat umum dan memuat keseluruhan isi dalam suatu paragraf. Kalimat utama biasanya berada di awal paragraf, meskipun terkadang terdapat kalimat utama yang berada di akhir, maupun di awal atau akhir paragraf.  Untuk lebih jelasnya dapat dipelajari di (Kalimat Induktif, deduktif, dan campuran)

Kalimat penjelas merupakan kalimat  yang isinya penjelasan, uraian, atau berupa rincian-rincian detail tentang kalimat utama suatu paragraf. Kalimat penjelas adalah kalimat-kalimat yang bersifat khusus dan berfungsi untuk mengembangkan gagasan utama pada sebuah paragraf. Kalimat penjelas bertugas sebagai penjelas atau pendukung yang menerangkan kalimat utama secara detail.
 
Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut:
Dalam kehidupannya, lebah mempunyai sistem pembagian kerja yang baik. Ratu lebah menghasilkan telur 2000 sampai dengan 3000 butir setiap hari. Lebah pekerja bertugas mengangkut air, serbuk sari bunga, mengangkut sari madu, mengumpulkan zat perekat yang biasanya didapat dari pucuk pohon, dan membawa calon ratu. Sementara lebah jantan bertugas mencari tempat-tempat yang banyak mengandung sari madu. Dengan suaranya yang nyaring, lebah jantan memberi tanda kepada lebah lain bahwa suatu tempat mengandung banyak sari madu.
Kalimat utama: Dalam kehidupaanya, lebah memiliki sistem pembagian kerja yang baik.
Gagasan utama: Sitem pembagian lebah yang baik.
Kalimat penjelas:
  • Ratu lebah menghasilkan telur 2000 sampai dengan 3000 butir setiap hari. 
  • Lebah pekerja bertugas mengangkut air, serbuk sari bunga, mengangkut sari madu, mengumpulkan zat perekat yang biasanya didapat dari pucuk pohon, dan membawa calon ratu. 
  • Lebah jantan bertugas mencari tempat-tempat yang banyak mengandung sari madu. 
  • Dengan suaranya yang nyaring, lebah jantan memberi tanda kepada lebah lain bahwa suatu tempat mengandung banyak sari madu.
Perbedaannya, kalimat utama itu kalimatnya sama persis dengan apa yang tercantum di paragraf, sedangkan gagasan utama itu inti dari kalimat utama. Kalimat penjelas itu kalimat selain kalimat utama yang berfungsi menjelaskan. 
Untuk Latihan:
Bacalah cuplikan teks di bawah ini dan tentukan kalimat utama, gagasan utama, dan kalimat penjelasnya.

Habitat kunang-kunang ada di tempat-tempat lembab, seperti rawa-rawa dan daerah yang dipenuhi pepohonan. Kunang-kunang bertelur pada saat hari gelap, telur-telurnya yang berjumlah antara 100 dan 500 butir dan diletakkan di tanah, ranting, rumput, di tempat berlumut atau di bawah dedaunan. Perkuburan yang tanahnya relatif gembur dan tidak banyak terganggu merupakan lokasi ideal untuk bertelur kunang-kunang. Pada umumnya, kunang-kunang akan keluar pada malam hari, namun ada juga kunang-kunang yang beraktivitas di siang hari. Mereka yang keluar siang hari ini umumnya tidak mengeluarkan cahaya. 

Semoga bermanfaat!

Selamat belajar dan selamat mengerjakan!

Pak Guru
Pak Guru Mencintai Sastra Sama Halnya Mencintai Kehidupan

Posting Komentar untuk "Gagasan Utama dan Kalimat Utama"

Langganan