Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Panduan Aplikasi Sispena untuk Sekolah Madrasah

Aplikasi Pendidikan - Aplikasi Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah (Sispena S/M) merupakan aplikasi penilaian akreditasi yang berbasis web, di mana bisa akses di mana saja, kapan saja dengan syarat terhubung dengan internet.


Selain dapat diakses menggunakan laptop atau komputer, aplikasi Sispena juga bisa diakses menggunakan handphone atau pun device yang resolusinya lebih kecil.

Aplikasi Sispena dibuat dan dikelola Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M). Aplikasi ini dapat diakses melalui dua alamat link berikut.

http://sispenabap.bansm.or.id
http://bansm.or.id/sispena
Pada tahun 2020 ini, kegiatan akreditasi banyak mengalami perubahan, baik dari penerapan pendataan maupun instrumen yang digunakan.

Pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah tahun 2020 lebih banyak dilaksanakan secara daring (online) mengingat situasi negara saat ini serta kebijakan pemerintah terkait wabah Covid-19, yaitu dengan membatasi dan meniadakan pertemuan yang melibatkan banyak orang secara langsung.

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) sendiri mulai tahun 2018 sudah mulai merancang perubahan sistem akreditasi, mulaidari tatanan perubahan paradigma lama ke paradigma baru, dari paradigma berbasis compliance menjadi paradigma berbasis performa.

Kemudian, dengan paradigma baru tersebut telah diturunkan menjadi instrumen akreditasi baik yang berbasis compliance maupun instrumen akreditasi yang berbasis performance.

Instrumen tersebut diberi nama Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) Tahun 2020 disingkat IASP 2020. Instrumen ini akan digunakan pada pilot-implementasi (pilot implementation) pada akhir tahun 2020.

Aplikasi Sispena S/M Tahun 2020 ini selanjutnya dibuat untuk membantu tujuan perubahan sistem akreditasi tersebut. Melalui aplikasi ini, persyaratan akreditasi tidak perlu dikirimkan dapat bentuk hardcopy

Pihak sekolah/madrasah cukup mengunduh format yang disediakan, selanjutnya mengunggah data melalui akun sekolah masing-masing pada aplikasi Sispena.

Seluruh instrumen penilaian akreditasi sudah dimuat dalam aplikasi Sispena ini. Operator yang diberi wewenang untuk mengoperasikan aplikasi tersebut bertugas mengisi instrumen dengan cara menjawab pertanyaan dari instrumen penilaian di dalam aplikasi Sispena.

Selanjutnya, asesor hanya tinggal melakukann koreksi dan sinkroniasi antara jawaban hasil pengisian instrumen penilaan akreditasi dengan bukti-bukti dokumen yang sudah diunggah.

Fungsi Aplikasi Sispena 2020

Aplikasi Sispena mampu melalukan penilaian secara otomatis kepada sekolah/madrasah yang diakreditasi melalui analisa data yang sudah diupload pihak sekolah/madrasah. Dengan demikian, asesor tidak perlu menghitung nilai akhir akreditasi, karen semua sudah dilakukan oleh aplikasi Sispena.

Aplikasi Sispena 2020 memiliki beberapa fungsi, sebagai berikut

  1. Untuk melakukan pendataan pada sekolah atau madrasah yang akan diakreditasi.
  2. Untuk melakukan pengiriman berkas/dokumen persyaratan akreditasi secara online.
  3. Untuk melakukan penilaian otomatis terhadap sekolah atau madrasah yang diakreditasi.

Berikut ini dibagikan Panduan Aplikasi Sispena 2020 Untuk Sekolah Madrasah. Tujuan penyusunan panduan ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai Sispena 2020 dan agar user Sekolah/Madrasah memiliki keterampilan menggunakan Sispena-S/M 2020.

Panduan Sispena 2020 – Unduh

Mr.Z
Mr.Z Mencintai Sastra Sama Halnya Mencintai Kehidupan

Posting Komentar untuk "Download Panduan Aplikasi Sispena untuk Sekolah Madrasah"