Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Menulis Teks Editorial dan contohnya

Teks editorial merupakan bentuk kritis masyarakat yang diwakili oleh redaksi surat kabar dalam menyikapi permasalahan yang sedang terjadi di masyarakat. Teks editorial juga dapat dijadikan acuan pemecahan masalah oleh pihak-pihak yang terlibat dalam permasalahan yang sedang disorot. 

Ilustrasi
Kalian sebagai generasi muda pun harus kritis dalam melihat fenomena atau permasalahan yang terjadi di sekitar kita. Nah, dalam artikel ini kalian akan mencoba menulis teks editorial. Sebelumnya, perhatikan langkah-langkah menulis teks editorial berikut: 

Baca juga: Kaidah Kebahasaan Teks Editorial

1. Tentukan topik atau masalah penting yang memiliki sudut pandang berita terkini dan menarik perhatian pembaca. 

2. Kumpulkan informasi dan fakta, meliputi laporan objektif, dan lakukan riset. 

3. Analisis masalah yang telah diangkat. 

4. Berikan solusi yang realistis terhadap masalah di luar pengetahuan umum. 

5. Tulislah kurang lebih 500 kata. 

6. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. (Perbanyak menggunakan kata kerja dan jangan menggunakan kata "saya")

Contoh Teks Editorial: Rio Ingin Jadi Pembalap Utama

BEREDARNYA rumor tim balap Formula 1 Manor Racing akan menggunakan tiga pembalap pada musim balap tahun ini ditepis manajer Rio Haryanto, Piers Hunnisett. Menurut pria asal Inggris itu, negosiasi dengan Manor hingga saat ini terus berlanjut sampai Manor mengumumkan pembalapnya.

Hunnisett juga menegaskan posisinya bahwa pihaknya hanya ingin Rio menjadi pembalap utama dalam tim asal Inggris itu berpasangan dengan pembalap Jerman, Pascal Wehrlein yang sudah diumumkan sebelumnya sebagai pembalap Manor. Menurut Piers, Manor akan segera mengumumkan pembalapnya dalam beberapa hari ke depan. 

Semua kemungkinan dapat terjadi dalam F1. Tahun lalu pun Roberto Merhi dan Alexander Rossi sempat berganti posisi. Tapi yang kami inginkan adalah bagaimana Rio bisa menjadi pembalap utama. Negosiasi terus berlangsung hingga saat ini, " kata Hunnisett kepada pers di Jakarta, Selasa (16/2).  

Rumor tiga pembalap yang akan digunakan oleh Manor dilontarkan oleh sejumlah media otomotif asing. Seperti dikutip dari granprix.com, salah satu rumor menyebutkan tiga pembalap yang akan digunakan oleh Manor ialah, Wehrlein, Rossi dan Rio. Wehrlein akan menjadi pembalap utama, sedangkan Rio dan Rossi akan berbagi tempat di sejumlah seri tertentu. 

Rio yang ditemui pada kesempatan yang sama mengatakan hanya ingin menjadi pembalap utama. Dengan menjadi pembalap utama, menurut pembalap asal Surakarta, Jawa Tengah itu, dirinya akan bisa mendapatkan pengalaman berharga sebagai pembalap debutan di Formula 1. 

"Untuk saat ini saya masih berusaha keras untuk bisa tampil semusim penuh karena akan sangat memberikan pelajaran sebagai pembalap yang pertama kali berlaga di F1. Satu musim pertama di F1 akan menjadi bagian dari pembelajaran," ujar Rio yang ingin segera mendengar pengumuman pembalap dari Manor. 

Dengan menjadi pembalap utama, RIo tentu membutuhkan dukungan dana yang besar. Sejauh ini manajemen Rio, PT. Kiky Sport baru membayarkan 3 juta Euro dari total 15 Juta Euro yang diminta oleh Manor. Indah Pennywati, ibunda Rio yang juga perwakilan Kiky Sport pun terus menggalang dana untuk Rio. 

Pada Selasa, (16/2), Indah bersama Rio dan Hunnisett menemui pendiri PT. Saratoga Investama Sedaya, Sandiaga S Uno. Sandiaga mengatakan akan segera mempelajari proposal permohonan dari Rio dan segera berkomunikasi dengan ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Roeslan P Roeslani. 

"Ini adalah anak bangsa yang perlu didukung oleh kalangan pengusaha. Saya akan segera memberikan jawaban mengenai proposal yang saya terima. Saat ini, prestasi olahraga kita perlu didorong, karena itu semua pihak harus bergandengan tangan," kata pria yang juga ketua umum Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia. (PB PRSI) itu. (OL-1)

Sumber: Mediaindonesia.com

Pak Guru
Pak Guru Mencintai Sastra Sama Halnya Mencintai Kehidupan

Posting Komentar untuk "Langkah Menulis Teks Editorial dan contohnya"

Langganan