Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Meningkatkan Minat Baca

Sistem pendidikan di Indonesia mengharuskan pelajar untuk memahami seluruh mata pelajaran di sekolah. Akhir-akhir ini pemerintah menggembor-gemborkan program Indonesia membaca, karena kenyataannya Negara Indonesia memiliki minat baca yang terbilang cukup rendah. Lantas, bagai mana sih? Cara meningkatkan minat baca? Khususnya minat baca dalam membaca buku pelajaran. Bukannya nanti jika menyukai membaca akan menyukai menulis juga?

Ilustrasi

Cara Meningkatkan Minat Baca

Berikut adalah beberapa tips yang bisa untuk meningkatkan minat baca, khususnya untuk membaca buku mata pelajaran sekolah, karena membaca merupakan suatu hal terpenting dalam memahami ilmu pengetahuan. Jika tidak ada minat dalam membaca, pastinya kita akan susah mengetahui hal apa pun.

Persiapkan Jadwal dan Waktu

Dalam memahami mata pelajaran harus dibutuhkan terlebih dahulu waktu yang cukup dengan cara mempersiapkan jadwal untuk fokus terhadap hal ingin dipelajari. Sangat disarankan mempelajari materi minimal satu jam saja, jangan terlalu lama agar lebih mudah memahaminya. Selanjutnya, usahakan belajar pada waktu pagi hari sebab pada waktu tersebut pikiran dan otak masih segar hingga dapat memahami materi dengan mudah. Namun, ini juga bergantung pada selera masing-masing asalkan tidak membaca materi larut malam. Selain itu, dengan memperhatikan jadwal akan dapat lebih mudah meningkatkan minat baca guna menjadi pintar di semua pelajaran.

Tingkatkan Rasa Ingin Tahu

Cara meningkatkan minat baca salah satunya adalah menumbuhkan rasa keingintahuan sesuatu dengan langkah mencari informasi di buku maupun di Internet. Saat ini, maraknya bantuan pembelajaran yang tersedia secara luring dan daring. Kedua dari hal tersebut sama-sama bermanfaat guna pintar di semua pelajaran. Misalnya, untuk belajar mengenai Pelajaran Bahasa Indonesia dapat belajar sepenuhnya di blog ini.

Oleh karena itu, rajinlah mengetahui suatu apa pun agar dapat meningkatkan minat baca mulai dari baca buku perpustakaan sampai e-book yang tersedia secara gratis dan berbayar. Kembangkan rasa penasaran ini supaya dapat menjadi lebih pintar dan lambat laun akan lebih cepat memahami materi yang disampaikan pengajar.

Baca Seperlunya Saja

Meskipun sedang bersemangat dan ingin mengembangkan minat baca. Namun, bukan berarti berlebihan dalam membaca sampai terus-menerus tanpa henti. Bacalah seperlunya saja agar pengetahuan yang didapat menjadi lebih mudah diserap. Memang kebutuhan membaca itu bergantung pada hasrat seseorang, namun sebaiknya membaca jangan terlalu berlebihan. Istirahat terlebih dahulu dan mulailah tidur siang agar pikiran tidak lelah dan lebih fresh kembali setelah terbangun di sore hari. Ingat, membaca yang berlebihan itu bukan meningkatkan minat baca, tapi malah merusak daya ingat, karena memaksa otak memahami banyak hal dalam waktu yang singkat

Motivasi Diri Sendiri

Meningkatkan serta menumbuhkan minat baca haruslah dimulai dari diri sendiri, yakni dengan membuat motivasi. Tanamkan dalam diri, niatkan bahwasanya dengan membaca maka memudahkan kita menyerap ilmu pengetahuan dan bisa menyelesaikan berbagai permasalahan. Sebab, membaca merupakan hal penting untuk menumbuhkan kualitas SDM Indonesia sehingga bisa bersaing seiring berkembangnya teknologi dan revolusi industri 4.0.

Memilih Tema Sesuai Minat

Bacalah suatu topik yang paling disukai. Kebanyakan orang menganggap bahwa membaca buku itu berat, terutama buku non-fiksi yang umumnya beribu-ribu lembar. Kenyataanya, jika menyukai membaca hal tersebut justru terkesan menyenangkan.

Hal itu disebabkan oleh ketidakminatan seseorang dalam membaca buku yang tidak sesuai dengan selera, maka dari itu sangat disarankan membaca buku sesuai minat sendiri. Dengan memilih buku sebelum dibaca, Anda akan tahu bahwa semua buku mempunyai ciri karakteristik berbeda. Sebab itulah, berhentilah berpikir bahwa membaca buku itu sangat memberatkan.

Pak Guru
Pak Guru Mencintai Sastra Sama Halnya Mencintai Kehidupan

Posting Komentar untuk "Tips Meningkatkan Minat Baca"

Langganan