Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Meningkatkan Keterampilan Menulis

Menulis adalah suatu kegiatan atau aktivitas untuk menyampaikan gagasan atau pendapat dalam bentuk tulisan. Untuk menjadi seorang penulis yang handal dan memiliki karakteristik tersendiri, dibutuhkan sebuah konsistensi dan terus mengasah kemampuan.

ilustrasi

Hingga saat ini, kegiatan yang berkaitan dengan tulis menulis semakin banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Seiring berkembangnya zaman, khususnya pada era teknologi ini membuat seseorang mulai meminati menulis dalam bentuk non-tulisan, salah satunya mulai sebuah karya dengan mengembangkan keterampilan menulis di blog.

Blog menjadi sarana yang paling cocok untuk melampiaskan hasrat menulis. Apa lagi tulisan dalam blog dapat dibaca oleh siapa pun asalakan terkoneksi dalam jaringan internet. 

Nah, untuk menjadi seorang penulis profesional tentunya dibutuhkan pikiran terbuka terhadap hal baru, termasuk sesuatu yang bertentangan dengan pemikirannya sendiri. Berikut akan diulas lebih lanjut mengenai tips mudah meningkatkan keterampilan menulis.

Cara Meningkatkan Keterampilan Menulis

Menulis bukan hanya sekadar membuat tulisan saja, tetapi harus mampu menulis dengan hal yang berkualitas, tidak boleh sembarangan. Jika hanya sekadar menulis, seorang siswa yang masih di bangku taman kanak-kanak juga bisa menulis. Maka sebab itulah,akan diuraikan tips-tips meningkatkan keterampilan menulis.

Tingkatkan Minat Baca

Tentunya kita sudah mengetahui bahwa membaca adalah hal terpenting untuk meningkatkan ilmu pengetahuan. Dalam hal ini, cara mudah meningkatkan keterampilan menulis adalah dengan membaca berbagai pengetahuan kapan pun dan di mana pun.

Bacalah sesuatu yang paling disukai. Dari membaca buku, majalah, artikel, dan lain sebagainya supaya wawasan selalu bertambah dan kemampuan menulis pun semakin meningkat.

Untuk membaca, misalnya dapat memanfaatkan buku elektronik yang tersebar banyak di Internet secara gratis untuk dibaca ketika dalam waktu senggang. Dengan demikian, semakin banyak membaca maka tidak menutup kemungkinan juga membentuk sebuah karya berbentuk tulisan maupun non-tulisan.

Baca juga: Tips Menyenangkan Belajar Bahasa Indonesia

Eksplorasi dan Kembangkan Ide

Jangan pernah takut untuk kehabisan ide saat menulis tulisan ilmiah maupun sastra. Terbukti selalu ada buku baru yang diterbitkan serta disebarluaskan dari tahun ke tahun, ini merupakan contoh bahwa seorang penulis harus mampu mengembangkan ide dan gagasan baru.

Pada era zaman sekarang ini telah banyak seorang penulis yang meningkatkan keterampilan melalui blog pribadi. Ini dikarenakan dalam meningkatkan keterampilan menulis tidak hanya pada suatu teks fisik saja, namun juga di dunia digital sekali pun.

Nah, tantangan bagi seorang penulis ialah bagaimana supaya bisa menciptakan ide dan ciri baru dalam tulisannya. Untuk itu, berkreasilah dan munculkan topik yang sebelumnya belum pernah dilakukan agar meningkatkan keterampilan menulis.

Cara mengeksplorasi ide dapat dilakukan dengan hal apa pun seperti membaca wawasan baru, membuat mind mapping, dan melakukan riset terlebih dahulu sebelum menulis untuk diterbitkan dan mulai ibaca audiens.

Melakukan Riset Terlebih Dahulu

Melakukan riset sebelum menulis sangat diperlukan untuk membuatnya menjadi lebih berbeda dan berbobot dari sebelumnya. Meskipun riset bisa membutuhkan waktu lebih lama, tetapi banyak sekali manfaatnya.

Cara mudah meningkatkan keterampilan menulis dapat dilakukan dengan melakukan riset misalnya jika Anda ingin menulis suatu peristiwa, sebelum menulis alangkah baiknya melakukan riset dengan melakukan sebuah pengamatan atau bertukar pendapat dengan orang lain, kemudian barulah Anda mengemukakan gagasan dan kesimpulan untuk disampaikan ke pembaca.

Selain itu, tidak lupa pula menyaring dan memilah informasi mencurigakan agar terhindar dari berita palsu guna menghasilkan tulisan hasil riset yang lebih berkualitas dan dapat dipercaya. Perlu diingat, ada sebuah pepatah yang berbunyi, "Hoaks Membunuhmu".

Perhatikan Waktu dan Suasana

Dalam menulis pastinya harus mampu menentukan waktu yang tepat agar dapat menulis dengan tenang sehingga pikiran tetap lebih segar.

Pilihlah waktu dan tentukan suasana di mana perasaan Anda ingin sekali menulis sesuatu. Apabila ada pekerjaan lain yang harus segera diselesaikan, maka tuntaskan sesegera mungkin agar ketika menulis tidak terpikirkan hal lain.

Keberhasilan menulis dapat dipengaruhi oleh ketepatan waktu, suasana, serta kondisi yang sempurna untuk meningkatkan keterampilan menulis. Karenanya, buatlah waktu luang khusus menulis agar bisa berkonsentrasi penuh menciptakan tulisan berkualitas. Misalnya, Pak Zacky biasanya menulis ketika bangun tidur dengan iringan musik, karena bagi saya itulah waktu paling nyaman saya.

Lakukan Evaluasi Setelah Menulis

Terkadang setelah menulis disarankan untuk lakukan evaluasi agar terhindar kesalahan penggunaan kosakata dan kata baku.

Mungkin saja Anda terlalu tergesa-gesa ingin cepat selesai. Oleh karena itu, mulai biasakan diri mengevaluasi ketika akan diterbitkan ke publik. Cobalah melihat kembali suatu ejaan, kata baku, kosakata, kalimat, dan paragraf.

Selain itu juga, periksalah hasil tersebut dengan cara membaca layaknya seperti audiens. Apabila terdapat kalimat yang kurang nyaman dibaca, maka perbaikilah supaya pembaca yang lain selalu tertarik dengan tulisan Anda. Sebab, penulis adalah pembaca pertama dalam sebuah karya.

Pak Guru
Pak Guru Mencintai Sastra Sama Halnya Mencintai Kehidupan

Posting Komentar untuk "Tips Meningkatkan Keterampilan Menulis"

Langganan