Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal dan Memahami Surat Pribadi dan Dinas

Pernahkah kalian menulis atau membaca surat?  Kira-kira surat apakah yang pernah kalian tulis atau baca? Tahukah kalian bahwa surat dapat digunakan untuk mengungkapkan aspirasi atau sebuah ide, misalnya surat untuk presiden. Selain mengungkapkan aspirasi, surat dapat digunakan untuk mengekspresikan rasa rindu kepada seseorang, misalnya orang tua, kakek, atau teman yang berada di tempat yang jauh. Jika kalian pengurus OSIS/Pramuka, surat memiliki fungsi yang sangat penting untuk korespondensi dengan sekolah dan instansi lain. Oleh karena itu, kalian perlu berlatih memahami, menelaah, dan menulis tentang apa itu surat surat dan  jenis-jenis surat.  

Ilustrasi Surat Pribadi/Dinas
Surat adalah sebuah tulisan dalam secarik kertas dan sebagainya sebagai sarana menyampaikan informasi. Awalnya, surat hanya ditulis menggunakan kertas dan butuh waktu yang cukup lama agar surat sampai ke pembaca. seiring berkembangnya zaman, surat dalam bentuk kertas mulai tergerus perkembangan zaman, di antaranya surat elektoronik (e-mail) dan aplikasi pesan singkat (Whatsapp, Line, Messenger, Telegram, dan lain sebagainya).

Terdapat dua jenis surat, yakni surat pribadi dan surat dinas.

Surat Pribadi

Surat pribadi adalah bentuk komunikasi tulis (surat-menyurat) yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain sebagai pribadi bukan sebagai wakil atau urusan yang berkaitan dengan kelembagaan/ kedinasan/ resmi. 

Di Indonesia, menulis surat pribadi sebenarnya lebih sulit karena perlu memperhatikan hal-hal di luar aturan kebahasaan bahasa Indonesia. Jika bahasa dalam surat resmi lebih baku dan jelas polanya maka tidak demikian dengan surat pribadi. Dalam surat pribadi ini, ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu tata etika atau sopan santun. Khususnya jika kamu menulis kepada orang yang lebih dewasa atau orang yang baru saja kamu kenal

Contoh Surat Pribadi

Contoh Surat Pribadi
Contoh Surat Pribadi

Berdasarkan contoh surat pribadi di atas, sehingga dapat disimpulkan:

  • Surat pribadi adalah bentuk komunikasi interaktif antara orang pertama (pengirim) dan orang kedua (penerima)
  • Surat pribadi berisi unsur tanggal surat, alamat surat, pembuka surat, pendahulua, isi, dan penutup surat, serta nama pengirim surat atau juga tanda tangan.
  • Isi surat pribadi berkaitan dengan masalah pribadi menanyakan kabar, keperluan pribadi, dan tujuan komunikasi pribadi yang lain.

Surat Dinas

Surat dinas adalah surat yang ditulis dalam situasi formal dan untuk kepentingan formal. Surat dinas ini dapat ditulis oleh pribadi atau atas nama suatu lembaga pemerintahan, perusahaan, atau organisasi yang ditujukan kepada lembaga. Isi dalam surat dinas bersifat resmi. Dalam menulis surat dinas, ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu penggunaan bahasanya. Bahasa yang digunakan pada surat dinas ini lebih mudah dibanding surat pribadi. Surat resmi tidak memerlukan bahasa yang “berbunga-bunga”. Bahasa surat resmi singkat dan jelas, serta berpola tetap

Contoh Surat Dinas

Contoh Surat Dinas
Contoh Surat Dinas

Berdasarkan contoh surat dinas di atas, sehingga dapat disimpulkan: 

Surat dinas berisi tentang keperluan kedinasan yang bersifat resmi. Sebelum kamu mengetahui contoh surat dinas yang baik, terlebih dahulu kamu harus mengetahui struktur surat dinas. Pada dasarnya struktur surat dinas tidak jauh berbeda dengan surat pribadi. 

Struktur surat dinas 

  • Kop surat 
  • Nomor surat 
  • Tanggal surat 
  • Lampiran 
  • Perihal 
  • Alamat surat 
  • Salam pembuka 
  • Isi surat 
  • Paragraf penutup 
  • Nama dan tanda tangan pihak yang memperkuat surat 
  • Nama dan tanda tangan penulis surat 

Surat dinas hanya boleh ditulis oleh sebuah instansi kepada instansi lain atau individu. Seseorang atas nama individu tidak diperbolehkan menulis surat dinas. Oleh sebab itulah, pada surat dinas ada kepala surat dan nomor surat. 

Isi surat dinas berkaitan dengan topik kedinasan. Misalnya, undangan rapat, permohonan maaf suatu instansi kepada orang/instansi/perusahaan, lamaran pekerjaan, surat permintaan izin tidak masuk, izin menggunakan tempat, dan sebagainya

Pak Guru
Pak Guru Mencintai Sastra Sama Halnya Mencintai Kehidupan

Posting Komentar untuk "Mengenal dan Memahami Surat Pribadi dan Dinas"

Langganan